Implementasi Internet of Things untuk Industri Manufaktur dan Logistik

Implementasi Internet of Things untuk Industri Manufaktur dan Logistik

Posted by Antonius Edwin Liu on January, 10 2019

Revolusi industri atau yang lebih dikenal dengan istilah Industry 4.0 secara perlahan mengubah pandangan terhadap cara tradisional yang biasa dipakai perusahaan-perusahaan di negara berkembang pada umumnya. Cara manual seperti itu dinilai tidak efektif untuk digunakan diera transformasi digital seperti sekarang ini, dimana salah satu produk yang diandalkan adalah Internet of Things yang disingkat dengan “IoT”.

IoT merupakan sebuah konsep mengumpulkan data dari sebuah benda, menghubungkannya ke internet untuk dianalisis melalui aplikasi, dengan hasil akhir mendapatkan informasi (report) yang berguna sebagai bahan dalam mengambil keputusan. Untuk menjalankan konsep tersebut, dibutuhkan alat untuk yang disebut sensor. Cybermax memiliki 2 solusi utama dalam IoT, yaitu; Smart Building dan Smart Logistics.

Pada Smart Building, kita bisa memonitor pendingin utama ruangan, listrik, air, dan masih banyak lagi sehingga bisa membantu mencegah dan memperbaiki sebelum terjadi masalah. Lebih tepatnya bisa meminimalisir kerugian yang ditimbulkan, menghemat biaya, dan menjaga kepuasan pelanggan. Sedangkan pada Smart Logistics, kita bisa melacak mobilitas armada, membuat batas virtual untuk para armada yang akan memberikan tanda jika armada melewati batas virtual. Kemudian membuat laporan analisis untuk setiap armada. Dengan ini kita bisa menghemat biaya dan membuat produk kita menjadi andalan pelanggan dikarenakan kepuasan yang mereka dapatkan. Produk kita juga menjadi lebih kompetitif.

Sudah banyak perusahaan-perusahaan diberbagai negara di belahan dunia yang mengadaptasi konsep IoT ini karena dinilai lebih efektif. Bagaimana dengan Anda?

Latest posts